Tips Menjadi Sales Handal, Pergi Pagi Pulang Untung!


Kehidupan sebagai seorang sales memang penuh dengan suka duka kadang pergi pagi pulang untung, kadang pergi pulang pundung, seakan enggan untuk pulang layaknya bang toyib. Untuk menjadi seorang sales handal kita memang harus memiliki kemampuan personal yang mumpuni biar klo pergi pagi pulang dapet untung. Pergi bekerja harus dimulai dari pagi biar enak cari prospek sana-sini, berangkat dari rumah menata penampilan dulu yang menarik biar kesan pertama ke konsumen itu membuat mereka klepek-klepek sampe gak sabar buat ngeluarin duit di kantong tebalnya. 

Banyak yang mesti kita pelajari untuk menjadi sales yang handal, dan akan lebih menyenangkan ketika kita mengasah skill sales kita dengan cara yang menyenangkan seperti yang dikisahkan pada seri youtube “pergi pagi pulang untung” yang dirilis oleh daihatsu beberapa pekan lalu, yang menceritakan kehidupan di perusahaan pemasaran mobil daihatsu. Kisah yang cukup menarik dengan tema sesuai dengan yang kita bahas kali ini yaitu “Menjadi Sales Handal”, namun yang berbeda dalam kisah singkat ini adalah lebih mengedepankan hiburannya dengan genre drama komedi. Serial tersebut sekaligus dibuat untuk memperkenalkan mobil murah terbaru dari daihatsu sendiri, film singkat ini dibintangi oleh aktris ternama dan punya pengalaman juga di bidang sales, jadi anda bisa sekalian belajar tentang sales.

pergi pagi pulang untung
(video trailer)

Jika kalian penasaran bisa dilihat nanti saja ya, di dalam tulisan ini saya bagikan beberapa tips menjadi sales handal supaya ketika pergi pagi pulang bisa untung.

Berikut tips sales pergi pagi pulang untung selengkapnya :

1.       Percaya diri
Pikirkan salah satu kelebihan yang anda miliki, sehingga anda bisa fokus dan mampu membawa suasana. Setiap orang mempunyai kelebihan pribadinya masing-masing, jangan mencoba membandingkan diri anda dengan orang lain. Mengapa? Karena setiap orang itu berbeda, berbeda latar belakang, pendidikan, pengalaman bahkan kehidupan sosialnya. Cobalah bandingkan anda dengan diri anda sebelumnya. Sebagai contoh, jika bulan lalu Anda sebagai sales belum menghasilkan penjualan, lalu pada saat ini anda sudah menyelesaikan satu penjualan, maka kesuksesan tepat di depan anda. 

Kesuksesan pertama merupakan modal anda untuk kesuksesan yang akan didapat di kemudian hari. Tips menjadi sales handal yaitu, yakinlah pada diri sendiri bahwa anda bisa, jangan sampai semangat menurun dan malah membuat kinerja anda semakin memburuk, teruslah belajar dan berusaha, dan yang paling penting adalah percayalah pada Yang Maha Kuasa bahwa Ia akan memberikan jalan. 

2.       Selalu berfikir positif
Jangan terlalu mempedulikan omongan orang selalu ambil hikmahnya, terutama ketika kita dihadapkan terhadap seorang konsumen yang bla.. bla.. bla.. deh pokoknya. Belajarlah dari gelas, di isi oleh air untuk diminum jangan diisi oleh hal yang aneh-aneh misalkan tanah liat, batu, belerang atau bahkan paku payung. 

Dilihat dari fungsinya sendiri gelas ditujukan sebagai alat untuk minum air, nah begitupun otak kita isi dengan pikiran positif jangan diisi dengan pemikiran yang tak bermanfaat. Dengan berfikir positif kita selalu siap untuk setiap keputusan dan tindakan yang akan dilakukan selanjutnya. Think positif yakinlah pergi pagi pulang untung.

3.       Customer oriented
Tips sales handal yang ke 3 yaitu customer oriented. Ketika kita berangkat pergi pagi Ingat ya kita sedang menjual apa yang konsumen butuhkan bukan kita yang membutuhkan, supaya pulang pulang dapet untung. Kita harus mengetahui dulu sasaran yang akan kita bidik apakah sesuai dengan identitas produk kita atau tidak, selain itu kita juga perlu mengetahui keinginan dari sasaran pasar/konsumen itu sendiri.

Jika semuanya sudah dijalankan dengan benar maka bisa dipastikan penjualan kita tepat sasaran dan kita akan menemukan pelanggan yang loyal dimana kemungkinan mereka akan setia bersama brand kita.

4.       Cakap dan komunikatif
Untuk mengasah kemampuan komunikasi anda cobalah untuk menyapa orang yang baru dikenal. Dengan begitu anda akan terbiasa dan tau bagaimana untuk memulai sebuah percakapan. Namun tentunya mampu berbicara saja tidak cukup kita juga harus terampil dalam mendengarkan supaya alur komunikasi dapat kita jaga dan mampu untuk menyelesaikan ke proses target marketing yaitu deal and buy. 

Sebagai sales handal kita harus mampu untuk menarik perhatian calon pembeli. Selain itu juga kita harus mampu untuk mempengaruhi konsumen agar memiliki minat yang tinggi terhadap produk ataupun jasa yang kita tawarkan. Disinilah kemampuan komunikasi kita diuji, kemampuan berkomunikasi bukanlah hanya sekedar berbicara.

5.       Lakukan Persiapan Sebaik Mungkin
Tips sales handal yang terakhir, lakukan persiapan mengenai penjualan yang akan anda kerjakan, perhatikan konten marketing yang akan anda jalankan, riset tentang calon customer anda ketahui juga bagaimana kondisi sosial di lingkungan tersebut. Jangan lupa juga bawa peralatan untuk keperluan jualan,  dan menentukan prioritas sasaran yang akan kita pilih 

Dari 4 poin tersebut penulis rasa sudah cukup sebagai dasar untuk memulai karir sebagai sales, banyak memang faktor eksternal selain dari personal skills kita untuk meningkatkan penjualan kita. So, teruslah belajar dan berusaha supaya ketika pergi pagi pulang untung! 



Tips Menjadi Sales Handal, Pergi Pagi Pulang Untung!

  1. (yg butuh pasang WIFI area Surabaya & Sidoarjo)
    Bisa hubungi saya di
    085955239791
    Isom MNCplay

    BalasHapus